Tribute to Abbas Kiarostami menutup rangkaian acara 11th Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) pada malam ini, Jumat (2/12) di Grhatama Pustaka, Yogyakarta. Dalam program ini diputar dua film yaitu “Take Me Home” dan “76 Minutes and 15 Seconds with Abbas Kiarostami”.

“Take Me Home” merupakan film terakhir yang digarap oleh Abbas Kiarostami sebelum ia meninggal pada 4 Juli 2016 lalu. Film ini mengangkat cerita sederhana tapi penuh keceriaan dengan memperlihatkan sisi lain dari Italia. Sedangkan “76 Minutes and 15 Seconds  with Abbas Kiarostami”   menggambarkan momen-momen yang terjadi dalam hidup Kiarostami. Film ini merupakan film dokumenter yang disutradarai oleh Seifollah Samadian. Lewat kedua film tersebut penonton diajak untuk kembali mengenang Kiarostami dan melihat kebesaran karyanya.

Tribute to Abbas Kiarostami mampu menyihir sekitar lima puluh penonton yang hadir. Tesa misalnya, penonton asal Semarang ini mengaku terpukau terutama pada film “Take Me Home”. “Ini kali pertama saya menonton film karya Kiarostami. Sebelumnya saya tidak tahu dia dan karya-karyanya, tetapi banyak teman yang merekomendasikan untuk menonton filmnya itu. Ternyata, filmnya memang recommended sih”, ujar Tesa.

Tesa menambahkan, film karya Kiarostami merupakan film yang selain menarik secara sinematografi juga merupakan film yang penuh makna. “Sebagai film terakhir Kiarostami, ini merupakan film peninggalan yang luar biasa. Wajar saja ditampilkan dalam rangkaian JAFF”, cetus Tesa.

11th JAFF sendiri telah berlangsung selama lima hari. Pada hari terakhir, Sabtu (3/12) akan dilaksanakan penutupan dan malam penghargaan. Selain itu akan diputar pula film penutup yakni film Travelling with Bomb.

Rebiyyah Salasah