SPESIAL PROGRAM: TEATER MUSIKAL AYUN-AYUN NEGERI

Sebuah film teater musikal yang mengkisahkan juru pengarah perempuan yang ingin menceritakan riwayat Indonesia, dari era revolusi industri 1.0 saat moi indie hingga sekarang ini. Sang sutradara didampingi juru naskah yang diam-diam mencintainya. Pada akhirnya, sutradara perempuan itu memahami, bahwa di setiap revolusi teknologi dan industri tidak menjadikan masyarakat sipil yang sehat, produktif dan kritis . Sejarah tragedi negeri seakan berulang terjadi di setiap revolusi teknologi industri. Akhirnya, ke dua sosok anak muda memutuskan meninggalkan panggung, menjelajahi negeri untuk mendengar suara rakyat di sudut negeri.

Director statement :
Di saat pandemi, menjadi tantangan mengelola segalanya daring atau online. Terlebih fenomena esensi panggung dalam kaitannya dengan film. Di sisi lain, sungguh tidak mudah mengangkat tema serius soal politik dan sosial berkait sejarah dalam panggung. Maka musikal teater ini menggabungkan antara pantun, tonil hingga broadway ala Jogja. Kultur nasi campur sebagai esensi penciptaan. Musikal teater telah mengalami perjalanan panjang sejak mencipta Opera Jawa film dan teater, karya Fatih untuk Esplanade hingga “ planet, a lament “.

Karya – karya musikal Garin lainnya adalah untuk ulang tahun Hotel Indonesia, Ulang tahun Kompas mengangkat lagu koes plus hingga ulang tahun KPK tahun lalu ataupun tropen museum. Kesemuanya dengan pendekatan kultur dan story telling berbeda.

© 2020 Jogja-NETPAC Asian Film Festival. All Rights Reserved.