MERAYAKAN ROMANTISME HUJAN

Yayasan Sinema Yogyakarta kembali menggelar JAFF Movie Night 2.7 pada Kamis, 29 September 2018 di Jogja Village Inn. Pemutaran ini dibagi menjadi dua slot, yakni slot 1 yang terdiri dari empat film pendek dan slot 2 yang terdiri dari satu film panjang. Film-film yang diputar dalam JAFF Movie Night 2.7 antara lain, Pranata Mangsa (2017) karya Ninndi Raras, Musim Bepergian (2016) karya Arie Surastio, Pohon Penghujan (2013) karya Andra Fembriarto, Sepatu Baru (2013) karya Aditya Ahmad serta Rumah dan Musim Hujan (2012) karya Ifa Isfansyah. Melalui kelima film tersebut, Yayasan Sinema Yogyakarta mengajak para penikmat film untuk merayakan hujan.

Empat film pendek yang ditayangkan dalam slot pertama JAFF Movie Night 2.7 menyajikan hujan yang menjadi titik balik dari sebuah peristiwa secara umum. Pranata Mangsa (2017) mengajak para penonton untuk melihat petanda alam, salah satunya hujan, yang kini tak lagi relevan sebagaimana masyarakat Jawa menganggapnya dahulu. Musim Bepergian (2016), Pohon Penghujan (2013), dan Sepatu Baru (2013) merepresentasikan hujan yang hadir sebagai titik balik sebuah peristiwa besar yang para tokoh di dalamnya alami. Rumah dan Musim Hujan (2012) membawa para penonton untuk turut hanyut dalam hujan yang menjadi latar belakang peristiwa-peristiwa penting dalam setiap tokoh sepulangnya mereka dari acara makan malam bersama. Karya Ifa Isfansyah ini ditayangkan dalam versi Director’s Cut yang juga membuka perhelatan Jogja-NETPAC Asian Film Festival ke-7 pada tahun 2012 silam. Kelima film tersebut dipilih untuk menemani para penonton mengilhami hujan dalam perspektif yang baru karena programmer merasa bahwa hujan dapat menjadi sebuah hal yang baik bagi sebagian orang, dan sebaliknya bagi yang lain.

JAFF Movie Night 2.7 dihadiri oleh 74 penonton yang berasal dari berbagai institusi di dalam dan luar Yogyakarta, salah satunya Banyuwangi. Pemutaran ini dapat terlaksana berkat dukungan dari Jogja Village Inn sebagai penyedia lokasi pemutaran. JAFF Movie Night bulan depan akan menutup rangkaian JAFF Movie Night edisi kedua tahun ini dan menjadi salah satu rangkaian Road to JAFF 13 ‘Disruption’ yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 November- 4 Desember 2017. (ta/v)