Lagi-lagi hujan mengguyur Jogja di malam hari. Kali ini hujan menghiasi suasana malam terakhir pelaksanaan program Open Air Cinema dalam rangkaian 11th Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) pada Kamis (1/12). Bertempat di Plaza Ngasem, film-film pendek seperti “Joni Sok Jagoan!”, “Pulang Sekolah”, “Ang”, “Kemunculan Firaun dalam Kisah yang Biasa”, dan “Singsot” diputar. Seperti Open Air Cinema hari sebelumnya, setelah pemutaran film diadakan sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab dilaksanakan bersama Dominica, perwakilan film “Ang”.

Pada sesi tanya jawab, Dominica menyebutkan, “Saya berharap lebih banyak lagi sekolah-sekolah film yang berkontribusi pada festival-festival seperti JAFF ini, karena menurut saya festival adalah awal untuk masuk ke dunia sebenarnya yaitu dunia industri film”. Open Air Cinema memang menampilkan beberapa film yang merupakan produk dari sekolah-sekolah film. Salah satunya adalah film “Ang”. Film ini merupakan garapan Michaela Clarissa untuk tugas akhirnya di Universitas Multimedia Nusantara yang dibimbing oleh Dominica.

Dominica menambahkan, ajang seperti 11th JAFF merupakan tempat terbaik untuk mempromosikan film, terutama film-film pendek. Sehingga film-film yang telah dibuat tersebut tidak hanya dijadikan syarat untuk penentu kelulusan tetapi juga dapat dinonton oleh khalayak.

Open Air Cinema setiap harinya memang memutar film-film pendek. Beberapa orang sengaja datang mengikuti Open Air Cinema ini untuk menyaksikan film-film pendek tersebut. Linggar misalnya, meskipun harus menembus hujan untuk menuju ke Plaza Ngasem, ia tetap datang untuk menyaksikan pemutaran film. “Saya sengaja ingin menyaksikan film-film pendek disini karena menurut saya film-film pendek lebih memiliki makna, selain itu untuk menontonnya pun tidak membutuhkan waktu yang lama”, ujar Linggar.

Selain karena film-film yang diputar adalah film-film pendek, Open Air Cinema dilaksanakan tanpa dipungut biaya. Hal ini dikarenakan Open Air Cinema merupakan usaha untuk mendekatkan film ke masyarakat umum. Terbukti pada tiga hari pelaksanaan Open Air Cinema, penonton yang hadir merasa mendapatkan hiburan gratis dan terjangkau oleh mereka.

Meskipun Open Air Cinema telah berakhir, tetapi 11th JAFF akan berlangsung dua hari ke depan. Masih banyak film-film yang bisa disaksikan dan agenda-agenda yang bisa diikuti dalam dua hari ke depan ini. 11th JAFF akan ditutup dengan film Kyrgyztan “Travelling with Bomb” karya Nurlan Abdykadyrov pada tanggal 3 Desember 2016.

Rebiyyah Salasah