Film Strange Colours merupakan sebuah film yang unik, sebuah film sidestream yang mengangkat sisi lain kehidupan di Australia. Melalui film Strange Colours, sutradara Alena Lodkina mengajak kita untuk mengintip sisi lain kehidupan di Australia; bukan sisi Australia yang penuh hiruk pikuk glamor kota besar, namun sisi kehidupan di Lightning Ridge, sebuah kota pedalaman yang pernah dikenal sebagai ibukota batu opal hitam dunia.

Film Strange Colours bercerita mengenai Milena, seorang mahasiswi psikologi yang datang ke Lightning Ridge untuk menemui ayahnya yang sakit. Sepanjang film kita akan dibawa menyelami hubungan antara anak dan ayah, perselisihan-perselisihan di antara mereka, dan sulitnya menjalani hidup sebagai seorang penambang di tengah alam Australia yang liar.

Kota Lightning Ridge menjadi latar dalam film ini, kota pertambangan batu mulia yang telah melewati masa kejayaannya. Berada di pedalaman Australia, tepatnya di sisi utara provinsi New South Wales, Lightning Ridge berada di tengah-tengah gurun dan gunung-gunung batu bekas pertambangan, serta hutan-hutan kering yang menyajikan pemandangan baru bagi penonton di Indonesia.

Sebagai kota pertambangan, kota Lightning Ridge dipenuhi dengan penambang-penambang yang berharap untuk mendapatkan keuntungan besar dari tambang batu opal. Penambang-penambang tersebut memiliki latar belakang yang berbeda-beda, ada yang merupakan seorang pelarian, kriminal, residivis, oportunis, ataupun orang-orang yang ingin hidup dengan bebas.

Melalui kehidupan di Lightning Ridge, kita dibawa untuk melihat sosok lain kehidupan. Di mana menjalani hidup bukan hanya soal menjalani rutinitas sehari-hari, namun mengenai bertahan hidup, perjuangan, dan mimpi-mimpi.