Penyelenggaraan Jogja-NETPAC Asian Film Festival tidak akan berjalan sukses tanpa kerja sama dengan berbagai pihak, salah satu di antaranya Japan Foundation. Sebuah kerja sama yang sudah berlangsung selama empat tahun. Pada pembukaan Jogja-NETPAC Asian Film Festival ke-12, Tsukamoto Norihisa, Director General dari Japan Foundation memberikan sambutan dan menyampaikan ucapan terima kasih dan harapannya pada perhelatan festival tahun ini. “Saya berterima kasih kepada Pak Garin, Pak Budi, dan JAFF karena Japan Foundation telah diberi kesempatan kembali untuk bekerja sama dengan JAFF, semoga berjalan lancar dan sukses.”

Beliau juga mengucapkan selamat kepada Kamila Andini dan Mouly Surya karena telah mendapatkan Grand Prize pada TOKYO FILMeX 2017 International Film Festival akhir November lalu. Untuk diketahui, Kamila Andini yang merupakan salah satu programmer JAFF, dan Mouly Surya, salah satu juri program Jogja Future Project, mendapatkan penghargaan sebagai film terbaik bersama. Kamila Andini  dengan karyanya The Seen and Unseen dan Mouly Surya dengan Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak.

Pembukaan Jogja-NETPAC Asian Film Festival ke-12 sendiri memberikan kesan yang mendalam bagi Tsukamoto Norihisa ketika ditemui JAFF kembali. Tsukamoto sangat menyukai pertunjukan kolaborasi seni dengan syair Macapat Maskumambang, “Sangat bagus, bagus sekali, tradisi jogja berhasil JAFF tunjukkan dalam pembukaan JAFF dikombinasikan dengan teknik-teknik canggih yang modern.”

Begitu juga pujiannya setelah menonton film pembuka JAFF, Nyai. “Saya sangat suka film ini, karena bisa mengenalkan tradisi Jawa, budaya Jawa, suasana jawa kepada penonton.”

Japan Foundation juga telah mengadakan Japanese Film Festival sejak tahun 2015 dan mendapatkan respons apresiasi baik dari masyarakat. Dalam penyelenggaraannya, Japanese Film Festival mendapatkan banyak inspirasi dari JAFF, “Pada festival kami tahun depan, JAFF akan bisa kembali menjadi contoh bagi kita dalam segala aspek festival, terutama dengan pertunjukan budayanya.”

Tsukamoto Norihisa mengakui bahwa dirinya secara pribadi dan Japan Foundation belajar banyak hal pada setiap perhelatan JAFF dari tahun ke tahun. Ia berharap kerja sama dengan JAFF terus diperkuat sehingga Japan Foundation dan Jogja-NETPAC Asian Festival bisa semakin maju dan berkembang.

Titus Kurdho