Program Open Air Cinema menyuguhkan pemutaran film secara terbuka atau layar tancap untuk masyarakat. Tempat penyelenggaraan yang dipilih ialah Taman Tebing Breksi.

Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) ke-12 kembali menyelenggarakan program Open Air Cinema di Taman Tebing Breksi, Prambanan. Acara akan dilaksanakan pada tanggal 19 dan 26 November 2017. Taman Tebing Breksi terpilih lagi sebagai lokasi pelaksanaan karena penyelenggaraan Open Air Cinema di lokasi tersebut tahun lalu terbilang sukses.

Office Manager JAFF, Egha Harismina, menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan Open Air Cinema murni untuk menghibur masyarakat. Oleh sebab itu, film-film yang akan diputar harus disesuaikan dengan motif pelaksanaan program. “Utamanya memang harus menghibur dan populer. Kedua, setiap tahunnya, kita selalu meminta film-film dari Dinas Kebudayaan (Yogyakarta, pen.),” terang Egha terkait kriteria film-film yang akan ditampilkan dalam Open Air Cinema.

Selain dengan Dinas Kebudayaan Yogyakarta, JAFF berkolaborasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya dan Epson Indonesia untuk teknis pelaksanaan program. JAFF juga bekerja sama dengan masyarakat yang tinggal di sekitar Taman Tebing Breksi untuk penyediaan kudapan selama acara dan hiburan lain yang melengkapi kegiatan pemutaran film. Anak-anak yang tinggal di sekitar Taman Tebing Breksi akan menampilkan atraksi hiburan tari. “Inti dari penyelenggaraan program ini adalah menghadirkan JAFF yang tidak selalu eksklusif (hanya untuk kalangan perfilman, pen.); kami hadir pula untuk masyarakat umum,” tambah Egha.

Tahun ini, Open Air Cinema akan dimeriahkan oleh lima film dari Dinas Kebudayaan Yogyakarta dan dua film produksi Falcon Pictures. Film-film dari Dinas Kebudayaan Yogyakarta adalah The Unseen Words (Wahyu Utami), Hoyen (Yopi Kurniawan), Dluwang (Agni Tirta), Incang-Inceng (Kelik Sri Nugroho), dan Munggah Kaji (Rivandy Adi Kuswara). Sementara dua film lain yang melengkapi adalah My Stupid Boss (Upi Avianto) dan Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 (Anggy Umbara).

Achmad FH Fajar