Grhatama Pustaka menjadi tempat pelaksanaan program Open Air Cinema dalam rangkaian 11th Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) pada hari kedua, Rabu (30/11) tadi malam. Film yang diputar diantaranya adalah “Chosen Generation”, “Emak”, “Ngabuburit”, “Sarungku Ilang”, dan terakhir “Makmum”. Di akhir pemutaran film terdapat sesi tanya jawab bersama Riza Pahlevi (sutradara film “Makmum”) dan Betet Kunamsinam (pemain film “Ngabuburit”).

Hujan deras yang mengguyur Jogja membuat lokasi awal pemutaran film yakni Amphitheather dipindahkan ke lobi utama Grhatama Pustaka. Namun, adanya perpindahan lokasi ini tidak menyurutkan antusias penonton. Terbukti pemutaran film disaksikan oleh kurang lebih lima puluh orang. Riza, sutradara film “Makmum” yang juga turut mengikuti pemutaran film dari awal mengaku sangat mengapresiasi antusiasme penonton dalam mengikuti Open Air Cinema. “Meskipun sempat khawatir pemutaran film akan di-reschedule karena hujan deras, tapi ternyata tetap dilaksanakan hari ini. Saya sangat senang melihat antusias penonton dan kesiapan panitia yang membuat saya sebagai “filmmaker” merasa diperlakukan sebagaimana mestinya”, ujar Riza.

Hal senada juga diungkapkan Betet, Pemain film “Ngabuburit” ini sengaja berangkat dari Jakarta untuk menyaksikan filmnya diputar di Open Air Cinema. “Saya merasa bangga melihat film sendiri disaksikan banyak orang apalagi di ajang sekaliber JAFF. Senang melihat penonton begitu antusias walaupun hujan, juga salut kepada panitia yang tetap menjalankan program ini seolah tanpa kendala, sehingga rasanya tidak sia-sia datang jauh-jauh kesini”, ujar Betet saat ditemui setelah pelaksanaan Open Air Cinema selesai.

Open Air Cinema akan dilaksanakan kembali pada Kamis (1/12) bertempat di Plaza Ngasem. Lima film akan diputar mulai pukul 19:00 WIB sebagai penutup di hari terakhir pelaksanaan Open Air Cinema. 11th JAFF sendiri masih akan berlangsung hingga 3 Desember 2016.

Rebiyyah Salasah