Meski diguyur hujan Pembukaan Pemutaran Program Open Air Cinema Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) pada Selasa (29/11) tadi malam, di Taman Tebing Breksi Yogyakarta berlangsung sukses. Situs cagar budaya yang baru saja diresmikan ini menjadi tempat yang dipilih bagi pelaksanaan Open Air Cinema JAFF hari pertama. Pada pelaksanaannya, Open Air Cinema JAFF diawali dengan pemutaran film animasi “Namaj Utab”, disusul dengan film “Bubar, Jalan!, Gilingan, Cermin”, dan terakhir “Sandekala”. Sebelum dilanjutkan ke pemutaran film “Cermin” dan “Sandekala”, terdapat sesi tanya jawab dengan Ersya Ruswandono, sutradara film “Gilingan”. Beberapa penonton antusias dalam sesi ini, terbukti dengan beberapa pertanyaan yang dilontarkan kepada Ersya.

Selain kehadiran para Sutradara film, crew film, dan cast film, pemutaran Open Air Cinema JAFF hari pertama ini diramaikan oleh warga setempat dan antusias para penonton dengan duduk santai serta ditemani suguhan kopi, teh, dan kacang+jagung rebus yang semakin menghangatkan nuansa pemutaran Open Air Cinema. Mereka yang hadir kebanyakan penduduk setempat. Arni misalnya, warga desa Sambirejo ini sengaja datang bersama anak dan suaminya untuk menyaksikan pemutaran film. Menurutnya, Open Air Cinema JAFF ini merupakan program yang bagus karena tempat yang dipilih dekat dengan masyarakat. “Kalau filmnya diputar jauh dari rumah belum tentu nonton. Ini karena dekat dengan rumah jadi bisa ikut nonton”, cetus Arni.

Adanya Open Air Cinema JAFF yang hadir di tengah-tengah masyarakat ini memang bertujuan untuk mendekatkan film ke masyarakat umum. Kehadirannya merupakan hiburan tersendiri bagi masyarakat setempat. Hal ini senada dengan yang dikatakan oleh Mujimin, Kepala Desa Sambirejo. “Pemutaran film ini menjadi hiburan rakyat terutama untuk orang-orang yang berasal dari lingkungan dekat dengan Taman Tebing Breksi. Sudah lama tidak ada film masuk desa, makanya ketika ada pemutaran film ini banyak warga yang datang, apalagi ini menjadi hiburan yang murah meriah bagi masyarakat”, ujar Mujimin yang juga turut serta dalam sesi tanya jawab.

Open Air Cinema JAFF hadir mulai dari 29 November hingga 1 Desember 2016. sHari kedua dan ketiga pelaksanaan Open Air Cinema JAFF akan bertempat di Amphitheater Grhatama Pustaka dan Plaza Ngasem dengan masing-masing menampilkan lima film pendek. Pemutaran film setiap harinya dilaksanakan mulai pukul 19:00 WIB.

Rebiyyah Salasah