JOGJA – meski diguyur hujan deras, JAFF 10th (BE) COMING sukses menggelar opening ceremony dengan lancer pada 2 Desember 2015 jam 19.30. Lokasi opening yang awalnya direncanakan akan dikemas open air cinema atau outdoor, di pelataran Taman Budaya Yogyakarta (TBY) dialihkan ke gedung bioskop Societed TBY. Tim fringe dengan sigap penonton karena hujan semakin deras menjelang detik-detik pembukaan.

Ratusan penonton muda memadati lokasi penyelenggaraan opening ceremony JAFF 10th. Ada banyak nama ternama di dunia perfilman nasional seperti Mira Lesmana, Joko Anwar, Presiden Festival Garin Nugroho, Ifa Isfansyah, Kamila Andini, Edi Cahyono. Para juri festival tahun ini:  Alia Swastika, Wong Tuck Cheong, Teddy Soeriaatmadja hadir. Selain itu nampak pula beberapa pejabat Dinas Kebudayaan Pemprov DIY dan direktur festival film lain di Yogya yaitu FFPJ, FFA, FFD. Tak ketinggalan teman-teman komunitas film serta sederet tamu undangan ternama lainnya meyambut pembukaan JAFF dengan gembira.

“Tahun 2015 merupakan tahun yang menggembirakan bagi dunia perfilman di Daerah Istimewa Yogyakarta, parameter yang dapat dilihat pertumbuhan produksi program TV dan perfilman di Yogyakarta,” diuangkapkan oleh Endang Hidayati melalui sambutan dari Dinas Kebudayaan Yogyakarta.

Acara yang ditandai dengan pemukulan Gong yang dilakukan oleh Direktur Festival Budi Irawanto dan Presiden Festival Garin Nugroho berlangsung lancar dengan dipandu oleh MC kondang Gundhi dan Adenia. Untuk menghemat waktu acarapun di mulai dengan pemutaran film karya Garin Nugroho yang di produksi selama di Hawai dengan waktu 30 hari shooting, 2 hari editing, dan 4 jam mixing berjudul ”SALESI” berdurasi 30 menit. Dilanjutkan dengan pemutaran film “Memories on Stones“ besutan Shawkat Amin Korki. Film ini merupakan salah satu film yang termasuk ke dalam official entry piala Oscar dari negara Irak.

“Film Asia selalu menarik dan penuh dengan kejutan karena ketidakstabilan di tiap-tiap tahunnya serta banyaknya budaya yang dirasa tidak memiliki sistem yang kuat. Oleh karena itu, para pembuat film selalu bergerilya sendiri dalam mencari karakter pada tiap karyanya masing-masing,” tutur Presiden Festival, Garin Nugroho dalam sambutannya. Suguhan musik ‘Frau’ berpadu dengan sajian wedang rondhe, jagung rebus dan kacang membuat suasana menjadi semakin hangat.

Film panjang yang berkompetisi akan merebutkan beberapa penghargaan seperti: GOLDEN GOLDEN HANOMAN AWARDS dan SILVER HANOMAN AWARDS. Penghargaan ini diberikan kepada film Asia terbaik pertama dan kedua melalui penjurian dalam program Asian Feature. Ada pula NETPAC AWARDS yang akan diberikan oleh Network for the Promotion of Asia Cinema (NETPAC) sebagai bentuk apresiasi terhadap karya sutradara Asia yang memberikan kontribusi sinematik yang dinilai penting bagi gerakan sinema baru Asia. Lalu, GEBER AWARDS merupakan penghargaan yang diberikan kepada film Asia yang dipilih oleh komunitas film dan kineklub dari berbagai kota di Indonesia.  Selanjutnya, BLENCONG AWARDS sebuah penghargaan yang akan diberikan juri untuk film pendek Asia terbaik pada program Light Of Asia. Satu lagi, JOGJA STUDENT FILM AWARDS sebuah persembahan dari Jogja Film Academy bekerjasama dengan ISI Media Rekam Yogyakarta, MMTC, AMIKOM, AKINDO, dan AKRB yang akan memberikan penghargaan ini kepada film pendek terbaik yang akan dipilih oleh murid sekolah film di Yogyakarta.

 10TH JOGJA-NETPAC ASIAN FILM FESTIVAL (BE) COMING ini didukung oleh NETPAC, Dinas Kebudayaan Yogyakarta, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Kebudayan Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta, ASIA Center, Korean Cultural Center, TBY, Cinema XXI, IFI-LIP Yogyakarta, Fourcoloursfilm, Jogja Film Academy, Loop Station, Buttonijo, Bentara Budaya Yogyakarta, Greenhost boutique hotel, EDUhostel, Paviliun kuliner sinema, HAKONE, OZO resto & café, BAKPIA PIA, Serae, Cartune Café, Secret Garden, Dapur Kamila, Gudeg Yu Nani, Bale Ayu Timoho, ILMONDO Pizza, Java Videotron, Kotajogja.com, 10.6FM Geronimo, ADI TV, RRI Jogja, RRI Pro 1-4, Cinemagz, MUVILA.com, Info Seni, PYY, 101.3FM Star Jogja, Istakalisa Yogya 96.2FM, All FILM, Film Indonesia, FLICK, Beranda Jogja, NONTON YK, INFO JOGJA, Jogja Student dan Tribun Jogja.

Oleh: Uswah